SPECTRATON COLLEGE - CILEDUG 15152

Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia tanpa cela dan cacat. Karena itu arif dan bijaksanalah.

Nama:
Lokasi: Ciledug - 15152

Penulis adalah guru komputer, pemrogram komputer dan web-maker

Jumat, 05 Desember 2008

Info terbaru untuk siswa SPECTRATON

PENGUMUMAN
No. 14/SM1/SPC/XII/2008

Diberitahukan kepada siswa-siswi SPECTRATON COLLEGE, bahwa Ujian Semester 1 akan dimulai pada hari Senin 15 Desember 2008 sampai dengan selesai .
Adapun persyaratan untuk mengikuti ujian tersebut adalah sbb:
1. Mengisi Formulir Ujian
2. Diharap membawa kamus, pensil dan penghapus
3. Harap datang tepat pada waktunya
4. Waktu ulangan sesuai dengan jadwal kursus masing-masing.
Demikian pengumuman kami sampaikan, harap maklum.

Hormat Kami,
Tutor,



(Dra. Sri Nur Sulistyawati)




UJIAN SEMESTER SPECTRATON SMESTER SEBELUMNYA
No. 10/SM2/VI/2008

Saat ini siswa SPECTRATON College yang tengah mengikuti ujan Smester terdiri dari semua kelas, dari kelas Beginner sampai Intermediate. Walaupun di sekolah formal mereka saat ini tengah libur panjang, namun karena umumnya mereka-mereka ini adalah siswa berprestasi, maka waktu libur yang umumnya dipergunakan untuk jalan-jalan santai, mereka lebih memilih siap mengikuti ujian bahasa Inggris. Maka tak heran banyak laporan positif dari para orang tua bila hasil ujian bahasa Inggris mereka rata-rata memuaskan saat mengikuti Ujian Nasional baik di tingkat SD maupun yang sudah di SMA dan hampir sebagian besar diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Harapan kami agar tetaplah serius dan jangan menjadikan ujian itu sebagai beban melainkan karena kalian memang sadar dan menyenangi studi Bahasa Inggris ini sebagai bagaian dari kwajiban anda sebagai siswa yang tak mungkin bisa terelakkan. Selamat belajar.

________________________________________
SISWA PERLU MENAMBAH KEMAMPUAN MENGUASAI KOSA KATA

Selera guru dan latar belakang pembuatan soal-soal bahasa Inggris yang diberikan dalam ujian terutama dalam bentuk essay (karangan) seringkali bertabrakan dengan dasar logika yang dimiliki oleh para siswa. Bayangkan bila guru berselera memetik sebuah cerita terkenal yang dipenggal dari tengah kemudian baru diungkapkan jati diri tokoh yang diceritakan itu diakhir karangannya maka murid akan menemui kesulitan paling tidak bisa memakan waktu lama dalam mencermati arti dari karangan itu sebelum akhirnya memberikan jawaban secara benar. Coba perhatikan contoh potongan soal berikut ini.

“Six culprits were caught and the Colonel thought it would be a good punishment to hand them over to me. So the guards tied their hands with string and pushed the six of them towards me. I picked all of them in my right hand and put the five of them in my coat pocket. The sixth-one I held up and pretended to put him in my mouth.”

Enam biangkerok tertangkap dan Kolonel itu menganggap sebaiknya hukuman mereka adalah dengan menyerahkan mereka semua kepada saya. Maka para pengawal mengikat tangan mereka dengan tali dan mendorong keenam-enamnya menuju ke tempat saya. Saya pungut dan letakkan mereka semua di tangan kanan saya dan mengambil lima diantaranya untuk saya taruh di kantor jaket saya. Orang yang keenam saya pegang dan pura-puranya akan saya masukkan ke mulut saya.

Dari contoh soal di atas, seandainya pun siswa sudah bisa menterjemahkan arti bahasa Inggris itu ke dalam bahasa Indonesia dengan benar. Mereka tentu masih akan ragu. Tokoh yang diceritakan ini siapa. Kalau ini cerita soal raksasa Gulliver kenapa pada zaman itu sudah ada istilah Kolonel. Dan ternyata potongan soal di atas memang berkaitan dengan tokoh Gulliver vs. Lilliput.

Kesimpulannya, sebaiknya tahapan dan keterkaitan logika siswa pun dipertimbangkan. Misalnya kalau memang bercerita masa-masa manusia raksasa itu hidup, jangan diimbuhi dengan kata kolonel, melainkan cukup menyebut kata pengawal. Dan kata “Memasukkan dalam kantong jaket mereka” ini pun menimbulkan pertanyaan. Benarkan Gulliver itu memakai jaket? Siapa yang membuatnya?.

Jadi sebaiknya alur logika juga harus ditempatkan secara proporsional sehingga jangan hanya sekedar memberi beban berfikir yang berlebihan kepada siswa hanya untuk berkonsentrasi pada satu topik saja. Dengan demikian siswa diajak untuk berikir bukan saja cerdik tapi juga luas. Dalam artian lebih baik siswa diberi kesempatan untuk terus melanjutkan soal yang lain dan tidak terpaku pada satu materi. Yang pada akhirnya kedepan pengetahuan bahasa Inggris siswa bukan hanya bisa diterapkan secara tepat tetapi juga memberi dampak melatih siswa berfikir lebih luas lagi.
________________________________________
________________________________________
Mulai hari ini kalian bisa memiliki buku catatan bersama dengan fasilitas antara lain:
1. Kalender
2. Laporan Cuaca
3. Daftar Alamat
4. Blog
5. Buku catatan
6. Berita-berita dunia
7. Video-video
8. TV
9. Menyimpan foto-foto anda.
10. Menulis catatan/pesan dengan cepat dan mudah.
11. Kalkulator dst.
Silahkan klik di sini

Catat persyaratannya berikut ini

email : xspectranet@gmail.com
password : xg22e7a1

Selamat menikmati

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda